Tanya-Jawab Umum

Apa itu NextGen Event yang diusung WordCamp Tegal?

NextGen (Next Generation) Event adalah format kegiatan yang menawarkan pendekatan berbeda guna menciptakan ruang bagi para pengguna WordPress untuk meningkatkan kemampuannya dan menjangkau audiens baru melalui tema kegiatan yang khusus.

WordCamp Tegal berkesempatan untuk menjadi salah satu dari 13 pelopor NextGen Event yang diadakan di berbagai negara.

Dengan semangat format baru ini, Komunitas WordPress Tegal mengadakan Workshop WordPress for Enterprise satu hari yang akan mendatangkan para ahli dibidangnya sebagai pemateri utama (keynote) dan fasilitator workshop. Cek jadwal di sini.

Apakah WordCamp NextGen Event Tegal mendatangkan keuntungan finansial bagi penyelenggara, pemateri, dan fasilitator workshop?

Semua penyelenggara, pemateri, dan fasilitator workshop di WordCamp NextGen Event Tegal adalah relawan yang berdedikasi tinggi.

Sama seperti WordPress Meetup dan kegiatan komunitas WordPress lainnya, yang mana kegiatannya dikerjakan berbasis relawan. Penyelenggara, pemateri, dan fasilitator workshop menyumbangkan waktu, tenaga, dan pikiran, sebagai bentuk kontribusi untuk mengembangkan komunitas WordPress.

Kenapa jumlah peserta dibatasi untuk 75 orang?

WordCamp NextGen Event Tegal adalah kegiatan (komunitas WordPress lokal) besar pertama di Tegal. Ada beberapa organizer yang baru pertama kali ikut serta merencanakan dan mengorganisir kegitan ini. Peserta dibatasi agar orang-orang baru tersebut dapat berkolaborasi dengan maksimal dan kegiatan dapat dikelola dengan baik.

Kenapa ada seleksi dalam proses pendaftaran peserta?

WordCamp NextGen Event Tegal berfokus pada kegiatan workshop WordPress for Enterprise. Kami (tim penyelenggara) menginginkan kegiatan dapat diikuti peserta yang benar-benar membutuhkan pengetahuan dan meningkatkan kapasitas seputar penggunaan WordPress untuk enterprise.

Kenapa peserta harus membayar commitment fee

Pendaftaran peserta hanya dibuka untuk mereka yang bersungguh-sungguh ingin hadir di WordCamp. Sasaran peserta WordCamp NextGen Event Tegal adalah mereka yang berkomitmen tinggi untuk belajar dan meningkatkan kapasitasnya.

Commitment fee adalah wujud kesungguhan peserta yang akan mengupayakan untuk hadir. Sehingga kesempatan untuk menghadiri acara ini hanya diambil oleh mereka yang sungguh-sungguh. Referensi: WordCamp Organizer Handbook.

Kenapa biaya commitment fee Rp 75.000,-?

WordCamp diselenggarakan tidak untuk tujuan mencari keuntungan dari penjualan tiket masuk Rp 75.000,-. Kami menyebutkan sebagai commitment fee. Harga ini sudah sangat murah untuk sebuah acara yang digelar di hotel. Biasanya di event (seputar Teknologi Informasi) lainnya yang digelar satu hari di hotel, harga tiketnya kisaran Rp 250.000,-.

Commitment fee sangat terjangkau karena peran para pelaku usaha dan jasa yang berkontribusi sebagai sponsor global maupun lokal.

WordCamp biasanya membutuhkan volunteer. Kapan pendaftaran volunteer dibuka?

Ya. Pada acara WordCamp biasanya terdapat volunteer yang bertugas (pada saat hari pelaksanaan acara) sebagai MC, pencatat pendaftaran peserta, pencatat waktu, mic runner, dll. Namun di WordCamp NextGen Event Tegal ini kami mencoba berinovasi.

Kami tidak membuka pendaftaran volunteer. Karena kegiatan dengan skala kecil tidak membutuhkan sumber daya yang besar. Kami (tim penyelenggara) bisa mengajak workshop facilitator dan perwakilan dari sponsor untuk membantu agar mereka memiliki kesempatan lebih yang mungkin akan menjadi pengalaman menarik bagi mereka.