WordCamp NextGen Tegal 2023 Recap

WordCamp NextGen Tegal telah sukses terselenggara pada Minggu, 22 Oktober 2023. Acara ini berlangsung di Khas Tegal Hotel dari pukul sampai. Adapun recap untuk acara ini, seperti berikut.

Jumlah Partisipan

  • 84 tiket terjual
  • 78 total peserta yang hadir
  • 50 peserta workshop
  • 14 peserta dari sponsor
  • 5 organizer
  • 5 speaker & workshop facilitator
  • 3 peserta dari media/community partner
  • Rasio kehadiran 92,85%

Apa yang Membuat WordCamp NextGen Tegal Istimewa?

WordPress for Enterprise merupakan topik tunggal yang dikupas dalam WordCamp NextGen Event Tegal ini bersama keynote dan fasilitator workshop.

Kegiatan dilaksanakan dalam tiga sesi utama yaitu lecture/keynote, live demo, dan workshop.

Pembicara sesi keynote, Ivan Kristianto, memberikan pengantar tentang bagaimana software WordPress dapat digunakan secara optimal untuk membangun situs web perusahaan dari mulai skala kecil, menengah, hingga besar.

Sesi berikutnya, live demo, yang dibawakan oleh Rio Burhan. Pada sesi ini peserta disajikan tahapan-tahapan bagaimana menggunakan fitur Site Editor untuk membangun situs web enterprise.

Sesi terakhir, workshop, yang difasilitatori oleh Dzikri Aziz, Imam Mahmudi, dan Radius Arianto. Pada sesi ini peserta diajak untuk bereksplorasi langsung mendesain dan merancang situs web enterprise berdasarkan pengetahuan yang telah mereka peroleh dari sesi sebelumnya.

Selama WordCamp NextGen Event Tegal berlangsung, peserta diajak untuk meningkatkan keahlian mereka dalam menggunakan WordPress secara optimal untuk keperluan membangun situs web enterprise. Tidak hanya itu saja, event ini sekaligus menjadi ajang berjejaring antar pengguna, desainer, dan developer, serta pebisnis WordPress di Tegal dan sekitarnya.

Kita semua. WordCamp NextGen Tegal tidak akan terlaksana dengan baik tanpa kolaborasi antara peserta, speaker & workshop facilitator, sponsor, media/community partner, dan organizer. Peran kita yang membuat acara ini sukses dan berkesan.

Pelajaran berharga untuk event WordPress (NextGen) mendatang yang lebih baik

Fakta menarik:

Topik, pemateri, fasilitator, dan sponsor yang luar biasa

Komunitas WordPress di Tegal sangat bangga atas terlaksananya WordCamp NextGen Event Tegal ini, yang menjadi WordCamp pertama di Tegal sekaligus satu-satunya yang digelar di Indonesia pada tahun 2023.

Kami bangga karena event ini didukung penuh oleh sponsor lokal (red: bukan Global Sponsors). Meskipun kami tidak punya target (jumlah) peserta yang banyak, yaitu hanyak untuk 50 orang aja, ada banyak perusahaan yang tertarik untuk berpartisipasi menyukseskan WordCamp Tegal.

Tiket peserta reguler yang jumlahnya hanya 50 habis terjual. Selain topiknya menarik (dalam arti belum pernah dibahas di WordCamp mana pun sebelumnya di Indonesia), pematerinya juga sangat kompeten di bidangnya. Mereka adalah WordPress professional yang sudah lama terlibat aktif di komunitas WordPress di Indonesia, bahkan global.

Jika Anda calon organizer WordCamp berikutnya, agar eventnya sukses, saya kira 3 komponen di atas penting untuk menjadi prioritas awal sebelum mulai merencanakan WordCamp atau WordPress event bersama teman-teman.

Layout round table yang cocok untuk networking

WordCamp NextGen Event Tegal mempertemukan komunitas WordPress dari berbagai daerah di pulau Jawa dan luar Jawa.

Berdasarkan riset singkat bersama beberapa peserta mereka senang hadir di WordCamp Tegal. Selain materinya disampaikan secara menarik, mereka otomatis dapat mengembangkan networking dengan teman semeja sembari mengikuti sesi yang berlangsung.

Hal-hal yang dapat ditingkatkan:

Selama proses perencanaan dan pelaksanan event, ada beberapa hal yang harusnya dapat ditingkatkan.

Komposisi organize terlalu minim

Ada 6 orang organizer WordCamp NextGen Event Tegal. 2 sudah berpengalaman, dan 4 lainnya baru. Setidaknya dibutuhkan 3 orang organizer (50% dari total organizer) dengan pengalaman yang cukup. Proses perencanaan dan penyelenggaraan akan lebih mudah lagi jika ada 2 organizer yang memiliki tingkat pengalaman yang setara atau hampir setara. Sehingga beban tugas dapat diambil dan didistribusikan dengan mudah.

Semua peserta laki-laki

Topik WordPress for Enterprise rupanya tidak begitu menarik minat peserta dari kalangan perempuan. Sebetulnya ada kalangan perempuan yang tertarik untuk membeli tiket, namun batal karena dia terlambat mendapatkan informasi.

Solusinya: mungkin dapat mencari pemateri atau fasilitator dari kalangan perempuan sebagai daya tarik untuk kalangan perempuan.

Beberapa peserta pulang sebelum penutupan acara

Kalau dilihat di peta, Tegal ada di tengah-tengah pulau Jawa. Hal ini memungkinkan WordCamp Tegal dihadiri peserta dari seluruh pulau Jawa. Kami memublikasikan daftar kota atau daerah asal peserta di Instagram resmi kami di tautan berikut.

Kereta merupakan moda transportasi yang paling efisien yang diambil peserta dari luar kota Tegal. Namun jadwal tiket kereta untuk kembali ke daerah asal kisaran jam 17.00 – 20.00, sehingga banyak peserta yang tidak dapat mengikuti penutupan acara karena harus bergegas menuju stasiun kereta Kota Tegal.

Keadaan ini berimbas pada sesi After Party, yang harusnya dapat dihadiri oleh semua peserta dan menjadi momen bagi mereka untuk mengembangkan networking.

Solusinya: mungkin perlu identifikasi jadwal pulang dari masing-masing peserta. Sehingga dapat ditentukan kapan event akan ditutup.

Cek ulang hal-hal yang dibutuhkan peserta dan pemateri

Pengecekan ulang kesiapan peralatan dan hal-hal yang dibutuhkan untuk peserta dan pemateri mendekati hari pelaksanaan acara sangat penting dilakukan. Seperti pengecekan ketersediaan piranti penghubung laptop pemateri ke proyektor dan akses ke tool workshop untuk peserta.

Hal-hal seperti ini mungkin sepele, namun jika tidak terpenuhi atau ada kekurangan sangat memungkinkan jadi penghalang kelancaran acara.

Terima kasih kepada semua pihak telah berpartisipasi

Maka, kami mengucapkan terima kasih kepada:

  • Peserta, untuk antusiasmenya dalam mengikuti WordCamp NextGen Tegal 2023.
  • Speaker & Workshop Facilitator, untuk waktu, ilmu, serta pengalaman yang dibagikan.
  • Sponsor, atas dukungan material dan non material yang diberikan. Kontribusi para sponsor membuat acara ini berlangsung dengan lancar.
  • Media/Community Partner, telah membantu meramaikan acara dan berpartisipasi untuk mengenalkan WordCamp Tegal di khalayak umum.
  • Organizer, telah menyelenggarakan acara dengan baik meskipun masih banyak kekurangan yang bisa menjadi bahan evaluasi untuk menyukseskan acara serupa di kemudian hari.

Terakhir, terima kasih kepada kita semua atas semangat dan kontribusinya. Semoga acara ini bisa menginspirasi kita semua. Sampai jumpai di WordCamp Tegal berikutnya!

Ingin Melihat Foto WordCamp NextGen Tegal 2023?

Silakan kunjungi akun sosial media kami atau langsung klik link album di bawah ini.

Mari Berjumpa di Meet Up

WordCamp NextGen Tegal 2023 bukan akhir dari segalanya. Kita masih bisa berjumpa di Meet Up WordPress Tegal yang diselenggarakan setiap bulan sekali. Informasi terkini seputar MeetUp bisa didapatkan di Instagram @wpmeetuptegal


Posted

in

by

Tags: